News

Tepat 63 Tahun Uni Soviet Kirim Binatang Untuk Jadi Astronot Di Luar Angkasa

Written by admin

Tepat tanggal 3 November 1957, 63 tahun yang lalu dan pertama kalinya Uni Soviet menerbangkan seekor binatang ke luar angkasa. Yang dilansir dari twitter oleh pemilik akun twitter @FXMC1957, binatang itu adalah seekor anjing betina yang bernama Laika dan diterbangkan menggunakan pesawat Sputnik 2.

Sebelum diikut sertakan dalam program antariksa Uni Soviet Laika adalah anjing liar yang berkeliaran di sepanjang jalan Moskow. Dilatih menjadi kosmonot yang dilansir dari Britannica, Laika yang bertubuh kecil hanya 6 kilogram, jinak dan keturunan campuran.

Dari sekian banyak anjing yang diikut sertakan oleh Uni Soviet dalam program luar angkasa hanya Laika lah yang terpilih karena pada saat itu Uni Soviet hanya menggunakan anjing betina yang dianggap lebih cocok untuk tinggal di ruangan roket yang sempit dibanding anjing jantan.

Perjalanan Laika pun menjadi gambaran para ilmuwan saat itu, meskipun Laika tidak berumur panjang dan hanya mampu bertahan beberapa hari sebelum system penopang kehidupannya kehabisan baterai.

About the author

admin

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.