Inspiration News

Dari Pelepah Bisa Jadi Barang Berguna

piring pelepah pinang
Written by admin

Salah satu produk unggulan di provinsi Jambi adalah pinang. Nah… tau gak sih sobat SHe pohon pinang mempunyai bagian yang dinamakan pelepah, pelepah ini melindungi bagian dalam pohon pinang.

Pelepah ini akan jatuh dengan sendirinya setelah kering, dan pelepah ini akan dibakar warga sebagai sampah.

Ditangan para LPPM (Lembaga Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat) ITB pelepah pinang tersebut kemudian diolah untuk dijadikan sebuah produk yang berguna, sekaligus bisa mengolah sampah pelepah ini menjadi produk yang menghasilkan nilai jual.

Nah ITB berhasil melahirkan produk piring pelepah pinang, yang pembuatannya pelepah yang dibeli dari petani kemudian direndam air terlebih dahulu kemudian langsung dimasukkan kedalam mesin press selama 3 menit dalam suhu 130 derajat untuk menghasilkan 3 sampai 4 piring dalam satu pelepah.

Harga satu pelepah dari petani berkisar antara 400 sampai dengan 500 rupiah, sehingga keuntungan yang bisa didapat bisa sangat besar.

Piring dari pelepah pinang inipun bisa digunakan berulangkali, kecuali untuk makanan berkuah hanya bisa sekali pakai. Biasanya penjual makanan mengakalinya dengan memberikan alas daun ataupun kertas nasi.

Pesanan produk piring dari pelepah pinang pun kini sudah mulai berdatangan dari luar pulau sumatera, seperti Bali dan Jakarta.

Nah dengan adanya piring dari pelepah pinang ini akan mengurangi sampah plastik maupun sampah yang terbuat dari styrofoam.

Untuk video bisa dilihat disini https://www.youtube.com/watch?v=HpYhEslNvQw

Untuk lihat berita lainnya bisa klik disini

About the author

admin

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.