Health Inspiration News

Manfaat Tidur Teratur Baik Bagi Kesehatan

tidur untuk kesehatan
Written by Ria Anisah

Tidur untuk kesehatan apakah bisa?
Tidur menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan manusia. Tujuan tidur untuk mengistirahatkan tubuh sejenak agar melakukan sesuatu yang lainnya dapat maksimal dihari selanjutnya. Nah, buat kamu yang sering berantakan tidurnya tidak baik loh, karena dapat menimbulkan penyakit dalam tubuh.
Kamu juga perlu tahu manfaat dari tidur yang teratur, Supaya kamu dapat mengatur waktu istirahat kamu dengan baik.
Berikut manfaat tidur teratur bagi kesehatan yang dikutip dari www.healthline.com.

1.Membuat kamu panjang umur
Lama dan kualitas tidur yang cukup sangat berperan dalam memperpanjang umur kamu dengan arti lain memiliki harapan hidup. Waktu tidur yang cukup adalah selama 7-8 jam,  jika kurang dari waktu tersebut menurut penelitian tingkat resiko kematian dini lebih cepat.

2. Mengendalikan nafsu makan
Mungkin kamu bertanya, apa hubungannya? Ops, ada hubunggannya lho tidur teratur dengan nafsu makan. Karena saat kamu tidur di malam hari, kebutuhan kalori akan berkurang. Hal inilah yang membuat kebutuhan energi menjadi menurun. Namun, saat kamu kurang tidur, organ otak akan menurunkan kadar hormon yang menciptakan rasa kenyang. Maka, kamu menjadi mudah lapar.

3. Meningkatkan daya ingat
Kamu merasa sering lupa? Nah, bisa jadi karena kamu itu kurang tidur. Salah satu manfaat tidur adalah dapat memperkuat ingatan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur setelah belajar dapat membantu meningkatkan memori. Buat kamu yang tidak cukup tidur, kamu akan mudah lupa dengan hal-hal yang pernah dilewati sebelumnya.

4.Tubuh lebih sehat
Istirahat dan tidur berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidur yang kurang dapat meningkatkan resiko penyakit ginjal, jantung, stroke, detak jantung tidak teratur, hormon stres naik, dan diabetes. Nah, jika kamu  tidur yang cukup bisa memengaruhi reaksi tubuh pada  hormon yang dapat mengontrol gula darah.

5. Menjaga berat badan
Nah, tahu kah kamu? Tidur yang cukup dapat menjaga berat badan yang stabil. Karena tidur dapat mempengaruhi tubuh dalam memproses dan menyimpan karbohidrat dengan cara menjaga hormon yang membuat kamu merasa lapar ataupun kenyang. Jika, kamu kurang tidur maka hormon yang membuat kamu lapar akan naik dan kenyang menurun.

Nah, itulah beberapa mafaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita dengan tidur yang cukup. Buat kamu yang sering begadang ayolah jaga kesehatan yang seimbang agar tetap bugar disaat melakukan aktivitas setiap harinya.

Semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu..

About the author

Ria Anisah

Add Comment

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.