Food Health News

Manfaat Bumbu Dapur Bagi Kesehatan

Ibu-ibu yang bekerja di dapur setiap hari tentunya  sudah  pahamlah ya.. berbagai jenis bumbu yang digunakan untuk memasak. Bumbu dapur  juga berbeda-beda lho, cara memasak maupun cara mencampurkannya untuk yang satu dengan lainnya, karena setiap masakan pasti akan berbeda-beda  bumbu yang cocok digunakan supaya lezat dan nikmat.

Nah, sekarang kita mau kasih tau, bumbu dapur apa saja sih yang bermanfaat bagi kesehatan?

  • Bawang Putih dan Bawang Merah

Bumbu ini salah satu bumbu yang paling utama dan dasar digunakan, karena memiliki  aroma yang khas. Dan ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi lho,,salah satunya “Flavonoid” yang dapat membantu mengurangi risiko kanker, jantung, tekanan darah tinggi dan lainnya. Yang lebih menariknya lagi yaitu “dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah” jadi kita kalau masak perbanyak bawang saja ya,,hehee supaya aman kesehatan bagi tubuh.

bawang merah dan putih
  • Cabai

Bagi masyarakat Indonesia sebagian besar suka pedas, tentunya bumbu dapur yang paling wajib digunakan termasuk memasak sambal,  tanpa cabai tidak akan ada rasanya. Cabai juga memiliki banyak jenis,Upz..ingat cabai digunakan sewajarnya ajah supaya gak over dosis.Cabai bisa bawa dampak yang baik bagi kesehatan lho…contohnya: cabai memiliki kandungan beta-karoten yang merupakan racun bagi berbagai kanker sehingga dapat membantu pencegahan penyakit yang serius. Nah, dari sekarang yang tidak suka cabai cobalah makan sedikit walau pedas tapi manfaatnya luar biasa.

berbagai jenis cabai
  • Tomat

Bumbu ini memiliki banyak manfaat lho,,,bukan hanya mencegah penyakit tapi……pada tahu gak sih..? Tomat juga berguna bagi kecantikan baik diwajah maupun dikulit. Tomat dikenal dengan kandungan antioksidannya yang luar biasa. Manfaat kesehatan dari tomat yaitu “meningkatkan penglihatan, menjaga kesehatan perut, infeksi saluran kemih dan paling mengagetkan dapat mengurangi depresi yang tinggi”

tomat
  • Jahe dan Kunyit

Manfaat dan kunyit bukan hanya sebagi tumbuhan yang sering disebut dengan kehangatan. Tapi,bumbu ini dikenal dengan aroma wanginya yang menarik dan juga digunakan untuk pengobatan tradisional contohnya: Daerah Jawa diolah menjadi minuman “Jamu” yang lezat walau ada sedikit pahit tapi khsiatnya itu lho…luar biasa khusus bagi wanita sangat berguna saat lagi menstruasi. Karena dapat mengurangi rasa perih di perut dan pinggang. Manfaat lainnya yaitu: Mengurangi rasa mual bila berpergian jauh saat liburan, mencegah penyakit kulit yang sensitive dan paling penting bagi orang gemuk dapat menurunkan badan .

kunyit dan jahe

Nah, sekarang sudah tau kan?? Kegunaan bumbu dapur yang sering digunakan setiap masak dan paling wajib untuk melezatkan makanan.Yang memiliki banyak  manfaat  tersembunyi bagi kesehatan, mulai saat ini ketika sakit ringan cobalah bumbu yang ada di dapur olah menjadi obat tradisional karena tidak baik juga selalu minum obat dari Dokter karena bahannya telah tercampur dengan bahan kimia.

Selamat mencoba….! 🙂

Lihat juga:
Luruhkan Batu Ginjal Dengan Cara Alami
Sumber Karbohidrat Kompleks Pengganti Nasi Putih
Sehat Bugar Dengan Bumbu Dapur Rumah
Anti Insomnia! Kudapan Ini Dijamin Bikin Tidur Kamu Cepat Pulas
Berubah Jadi Singa Saat Stress Melanda? Redakan Dengan Makanan Enak Ini

About the author

Ria Anisah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.