karir Lifestyle News

Kuliah Sambil Kerja, Bagaimana Ya?

Untuk anda yang baru menamatkan pendidikan SMA maupun SMK pasti dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu Kuliah atau Kerja? Bagi anda yang memiliki keluarga dengan ekonomi mencukupi tidak akan ada hambatan jika ingin meneruskan perkuliahan. Namun sebaliknya anda yang memiliki ekonomi yang kurang atau pas-pasan mencari pekerjaan akan jadi prioritas utama anda.

Ada juga yang tetap ingin melanjutkan pendidikan meskipun juga bekerja. Banyak yang ahrus jadi pertimbangan sebelum memulai perkuliah dan bekerja ini. Berikut poin-poin nya.

  • Siapkan Fisik dan Mental

Mengerjakan dua pekerjaan sekaligus memang membutuhkan tenaga juga mental ekstra. Anda harus siap mengalami tekanan pada pekerjaan anda dan tugas yang menggunung di tempat kuliah anda.

  • Mengetahui Jadwal Pekerjaan

Untuk yang ingin berkuliah malam setelah bekerja maupun saat akhir pekan harus mengetahui jadwal di tempat kerja. Apabila anda pekerja dengan waktu reguler mulai pagi hingga sore anda bisa mengambil waktu kuliah malam. Dan jika anda memiliki jadwal pekerjaan shift, anda bisa mengambil perkuliahaan akhir pekan.

  • Jangan Menunda Pekerjaan

Bagi anda yang memiliki segudang aktivitas sangat penting menjaga kedisiplinan dalam mengerjakan sesuai waktunya. Kerjakan tugas di kantor dan targetkan untuk menyelesaikannya hari ini juga, dan kerjakan tugas yang diberikan dosen secepatnya setelah diberikan. tapi bukan berarti anda mengabaikan kesehatan anda.

  • Manajemen waktu

Aturlah waktu anda sebaik-baiknya, lakukan perjaan hanya pada waktu kerja dan kerjakan tugas kuliah saat perkuliahan jika tidak sempat lakukan pada waktu luang. Hindari membuang-buang waktu untuk kegiatan yang tidak penting.

  • Konsisten dan berusaha keras

Setiap yang anda lakukan harus memiliki komitmen yang kuat, pikirkan kembali alasan anda memulai ketika niat anda mulai memudar. Bekerja keraslah dan berusaha lakukan yang terbaik demi masa depan anda.

Itu dia beberapan poin penting yang harus anda pikirkan sebelum mengambil keputusan untuk kuliah sambil bekerja. Meskipun sulit, Tidak ada yang tidak mungkin selama ada memiliki niat yang kuat.

About the author

Ria Anisah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.