Inspiration

Kisah Pilu Dibalik Momen Hari Ibu

Written by Tim Redaksi

Setiap tanggal 22 Desember Indonesia akan memperingati hari ibu dan ternyata tidak hanya Indonesia lho yang memperingati momen hari ibu, hampir seluruh Negara pun melakukannya walaupun dengan tanggal yang berbeda-beda.

Tapi tahukah kamu bagaimana awal mula adanya Peringatan Hari Ibu? Ternyata perayaan tahunan ini memiliki cerita kelabu..

Hari Ibu awalnya merupakan ungkapan berkabung bagi para perempuan yang ditinggal suaminya selama masa perang dunia dan Anna Jarvis-lah yang membuat momen ini begitu populer.

Perayaan Hari Ibu berawal dari tahun 1850-an, ketika Anna Jarvis dengan organisasinya yang bernama Ann Reeves Jarvis menggelar acara Hari Ibu dengan mendirikan klub kerja. Kelompok kerja itu mengemban misi untuk memperbaiki sanitasi dan menurunkan angka kematian bayi. Kelompok yang dibentuk oleh Anna mencoba menekan angka kematian bayi dengan melawan penyakit, dan mengurangi pencemaran pada susu.

Meski Anna Jarvis tidak pernah memiliki seorang anak, tapi kematian ibunya pada tahun 1905 menginspirasinya untuk mengatur Peringatan Hari Ibu pertama di tahun 1908.

Hingga kemudian di tahun 1914, Presiden AS Woodrow Wilson secara resmi menyatakan bahwa Hari Ibu di AS, jatuh pada hari minggu kedua di bulan Mei, dan ditetapkan sebagai hari libur. “Hari ibu bukan untuk merayakan semua ibu, itu untuk merayakan ibu terbaik yang pernah Kamu kenal, ibumu sendiri,” ujar Antolini seorang penulis buku ‘Memorializing Motherhood: Anna Jarvis and the Defense of Her Mother’s Day’.

About the author

Tim Redaksi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.