Health News

Ini Dia Alasan Wanita Harus Diet

Written by admin

Merasa berat badan sudah ideal, tapi kenapa sering terasa lelah ya? Aktifitas makan pun masih terbilang normal. Terlebih wajah sering terlihat lesu, kusam dan sering berjerawat. Apa mesti check-up ke dokter dan mulai perawatan kulit ya?

Wait..!! Enggak perlu terlalu paranoid gitu dong ladies. Tenang aja, kamu gak perlu langsung buru-buru ambil keputusan untuk memeriksakan diri kamu kedokter kok. Coba deh liat gaya hidup kamu sehari-hari. Apakah jam tidur kamu sudah teratur, apakah makanan yang kamu makan sudah dijamin baik dan benar.

Sebelum kamu memutuskan untuk pergi memeriksakan diri kamu kedokter, coba deh terapkan gaya hidup kamu dengan cara diet sehat. Eits… Walaupun sudah memiliki berat badan yang ideal juga boleh kok mengikuti diet sehat ini untuk mepercantik diri kamu dari dalam.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, diet itu merupakan pengaturan makanan / khusus untuk kesehatan dan sebagainya. Jadi gimana si caranya untuk memulai diet sehat? Mudah aja kok, yang terpenting kamu cuma harus bisa disiplin dan komitmen dengan apa yang mau kamu jalani.

Pertama-tama kamu harus bisa menghindari mengkonsumsi junkfood, makanan yang bergoreng-gorengan, dan makan-makanan pedas yang berlebih. Enggak harus benar-benar menghilangkan menu tersebut dari list kamu kok, hanya saja tidak boleh lagi dikonsusmsi sesering dulu. Sama halnya dengan kita yang dianjurkan tidak boleh sering-sering mengkonsumsi mie instan karena tidak baik bagi kesehatan kan? Kedua, biasakanlah untuk memulai kegiatan olahraga yang teratur. Terakhir istirahat cukup dengan mengatur pola jam bangun dan tidur kamu.

Sebelum menerapkan diet sehat ini, kamu harus tau makan-makanan apa yang cocok dan aman untuk dikonsumsi bagi tubuh kamu. Berbeda dengan diet yang biasa untuk menurunkan berat badan, apabila diet sehat kamu tidak perlu mengurangi jam makan, kamu tetap bisa sering makan namun dengan porsi yang tepat. Kamu bisa mengatur jadwal makanmu. Misalnya pada pagi hari untuk sarapan kamu bisa menggantinya dengan hanya makan buah-buahan atau dengan salad, bisa juga dengan sandwich dan makan-makanan yang tidak mengandung karbohidrat yang tinggi. Bisa juga disandingkan dengan coffee atau tea dengan porsi yang cukup, karena dua hal tersebut mengandung kafein jadi tidak begitu baik untuk tubuh apabila dikonsumsi secara berlebih. Jangan lupa juga untuk perbanyak mengkonsumsi air putih. Air putih adalah menu diet utama yang sangat baik untuk tubuh.

Lalu sebelum jam makan siang kamu bisa mengkonsumsi cemilan dengan snack sehat, bukan dengan snack jajanan yang biasa kamu makan ya. Untuk ide snack sehat kamu bisa liat disini https://www.youtube.com/watch?v=ydZedLblpFY. Selanjutnya saat makan siang, untuk mengembalikan energi, konsumsilah karbohidrat tinggi dengan nasi. Untuk yang ingin menurunkan berat badan, nasi putih bisa digantikan dengan nasi merah. Jangan lupa untuk menambahkan protein dalam menu makananmu dan jangan pernah lupa untuk menghadirkan sayur-sayuran dalam menu diet sehat kamu. Sering-seringlah juga untuk mengkonsumsi buah-buahan setiap hari, bisa pada saat sarapan atau bisa juga kamu jadikan sebagai snack sebelum atau sesudah makan siang.

Pada saat malam hari tentu kamu masih tetap bisa makan, tenang saja! Kamu hanya perlu memberikan batas pada jam makan malammu. Jam makan malam yang baik dilakukan adalah dari pukul 6 – 8 malam, setelah lewat dari jam itu bukanlah waktu yang baik untuk makan. Karena perut perlu melakukan pekerjaannya 2 jam sebelum kamu tidur. Pada malam hari adalah waktu dimana kamu akan mengakhiri kegiatanmu sehari-hari, jadi untuk menu makan malam tentu kamu tidak begitu memerlukan karbohidrat yang tinggi, jadi bisa kamu ganti dengan kentang, jagung, atau umbi-umbian lainnya.

Setelah itu pastikan kamu tidak tidur larut atau begadang karena selain itu tidak baik untuk kesehatan, hal tersebut juga akan mempengaruhi perubahan kulit seperti kusam, lesu, berjerawat dan tentu saja lingkaran mata yang menghitam. Apabila kamu komitmen untuk melakukan diet sehat tersebut, dijamin kamu akan merasakan perbedaan pada tubuh kamu. Tubuh akan terasa lebih segar, berenergi, dan bersemangat setiap hari. Selain itu kulit juga akan terlihat lebih sehat, cerah, dan awet muda.

Kenapa begitu? “You are is what you eat”. Yap!! Karena kamu adalah apa yang kamu makan. Jadi penting atau tidaknya wanita untuk melakukan diet bukan hanya karena untuk menurunkan berat badan, namun untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi makan-makanan yang baik akan menciptakan energi tubuh yang baik pula.

About the author

admin

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.