Finansial News Tips

Hemat Uang Saku Untuk Mahasiswa

Bagi kalian para mahasiswa yang memiliki uang saku terbatas dan belum memiliki penghasilan dari pekerjaan. Apalagi jika kalian adalah mahasiswa perantauan yang merantau dari luar daerah ke ibukota. Uang saku yang pas-pasan mau tidak mau diterima, bukannya tidak ingin mensyukuri apa yang telah ada, masih bisa kuliah pun sudah beruntung sekali bukan. Hal itu sangatlah lumrah dikalangan mahasiswa.

Kali ini sheandshe akan memberikan tips mengelola keuangan untuk kalian para mahasiswa, disimak sampai akhir ya!

1.Coba Menabung

Sisihkan uang kalian setidaknya 10% setiap harinya. Mungkin dikala kebutuhan kuliah yang banyak kalian akan cukup sulit untuk menyisihkannya. Kalian bisa mulai sedikit demi sedikit, jangan buat perubahan yang terlalu besar. Contohnya uang jajan kalian Rp.20.000 sehari, maka sishkanlah Rp.2.000 rupiah untuk ditabung. Dan mulai naikkan jumlahnya perlahan saat kalian sudah terbiasa.

2. Catat Keuanganmu

Buat catatan keuangan! Apa kalian ingat berapa besar uang yang kalian habiskan tanpa sadar? Biasakan mencatat pengeluaran dan pendapatan kalian sehari-hari. Cara ini cukup efektif untuk memonitor keuangan kalian.

3. Manfaatkan Promo

Manfaatkan promo-promo yang ada. Siapa dari kalian yang menggunakan angkutan bebasis online, atau belanja berbasis online? Jangan sia-siakan kesempatan ini, gunakanlah voucer dan diskon agar mendapatkan potongan harga juga gratis ongkir. Selaian kebutuhan terpenuhi, kalian juga bisa lebih hemat pastinya!

4. Cari pemasukan Tambahan

Jangan hanya mengandalkan uang dari orang tua, ada banyak potensi yang bisa dilakukan kaum milenial seperti kalian. Cobalah freelance dengan membuat desain, fotografi, atau apapun yang kalian kuasai. Juga cobalah untuk jadi entrepreneur, carilah bidang yang kalian gemari dan temukan potensi kalian disana. Selain punya penghasilah tambahan, kalian juga bisa buat orang tua kalian bangga loh…

5. Bawa Bekal Sendiri

Bawa bekal sendiri, jangan malu untuk membawa makanan dan botol minum sendiri ke kampus. Selain lebih hemat, juga lebih sehat dan terjamin kualitasnya.

6. Manfaatkan Tempat Gratis

Manfaatkan tempat publik terbuka hiau seperti teman untuk jalan-jalan bersama teman, taman bisa jadi tempat refreshing dan relaksasi dikala tugas kuliah yang menumpuk, karena banyaknya tumbuhan hijau yang menyegarkan udaranya. Patut dicoba nih!

tulah beberapa tips untuk menghemat keuangan kalian para mahasiswa…

About the author

Ria Anisah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.