Health News

Dosis Konsumsi Vitamin Tambahan.

Vitamin di dalam suplemen tidak dapat menjadi pengganti semua nutrisi yang Anda butuhkan. Untuk itu, Anda dianjurkan memperoleh asupan vitamin dari kandungan makanan segar seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Dan pastikan konsumsi vitamin sesuai dengan anjuran dan rekomendasi kebutuhan harian yang Anda perlukan.

Panduan Mengonsumsi Vitamin

Tabel berikut dapat menjadi panduan dalam mengonsumsi suplemen vitamin. Tabel ini berlaku bagi Anda yang berusia 19 tahun ke atas, tetapi tidak berlaku bagi anak-anak wanita hamil, dan wanita menyusui yang memiliki takaran kebutuhan vitamin tersendiri.

Nama
Vitamin atau mineral
Kadar yang direkomendasikan per hari Kadar aman tertinggi yang dapat dikonsumsi per hari Manfaat
Vitamin A Pria: 3.000 IU (International Units)   Wanita: 2.310 IUAnak-anak :   1-3 tahun :1.000 IU   4-8 tahun : 1.300 IU   9-13 tahun : 2.000 IU 10.000 IU Menjaga kesehatan mata, tulang, dan kulit.Menguatkan sistem imunitas tubuh.Mencegah komplikasi campak terutama pada anak.
Vitamin B1 Pria usia 19 tahun ke atas: 1,2 mg   Wanita usia 19 tahun ke atas: 1,1 mg            Menjaga kesehatan otak, rambut, kulit, dan otot.
Vitamin B3 Pria: 16 mg   Wanita: 14 mg 35 mg Menjaga kesehatan sel-sel darah, otak, sistem saraf, dan kulit.
Vitamin B6 Pria usia 19-50: 1,3 mg Pria usia 51 ke atas: 1,7 mg   Wanita usia 19-50: 1,3 mg   Wanita usia 51 ke atas: 1,5 mg 100 mg Berperan penting dalam mengatur nafsu makan, mood, dan aktivitas tidur.
Asam Folat ( Vitamin B9) Segala usia: 400 mcg (microgram)   Ibu hamil atau sedang merencanakan kehamilan: 800 mcg   Ibu menyusui: 600 mcg 1.000 mg   Berlaku hanya untuk asam folat sintetis yang terdapat di suplemen atau fortifikasi pangan. Namun, tidak ada kadar tertinggi untuk asam folat yang diperoleh dari sumber alami Suplemen vitamin wajib yang penting bagi Ibu hamil untuk mencegah kecacatan pada janin seperti : spina bifida dan anencephaly.Mencegah preeklampsia pada ibu hamil.
Vitamin B12 Pria dan wanita usia 14 tahun ke atas: 2,4 mcg Melindungi sel saraf. Menghasilkan sel darah merah. Melancarkan pertumbuhan.
Vitamin B Kompleks Usia 70 ke atas: 1.800 mg   Wanita: 425 mg 3.500 mg Berperan penting dalam membentuk otot-otot tubuh
Vitamin C Pria: 90 mgWanita: 75 mgPerokok membutuhkan dosis tambahan 35 mg 2.000 mg Menjaga kesehatan mulut dan gusi. Mengurangi risiko kanker. Sebagai antioksidan.
Vitamin D Usia 1-70: 600 IU Usia 70 ke atas:  800 IU 4.000 IU Membantu penyerapan kalsium dalam tubuh untuk kesehatan tulang dan gigi.
Vitamin E Semua usia dan jenis kelamin: 2.200 IU 1.500 IU dari makanan 2.200 IU untuk vitamin E sintetik Membantu pembentukan sel darah merah. Memperkuat daya tahan tubuh.
Vitamin K Pria dan wanita berusia 14-18 tahun: 75 mcg   Pria dan wanita usia 19 tahun ke atas: 90 mcg Membantu proses pembekuan darah.   Menjaga kesehatan tulang pada lansia.

Hindari konsumsi suplemen vitamin terutama vitamin A, D, E, dan K dalam dosis tinggi. Vitamin A,D,E, dan K merupakan vitamin larut lemak yang jika dikonsumsi berlebihan akan dapat menumpuk di dalam jaringan tubuh sehingga menjadi racun di dalam tubuh. Kondisi ini disebut hipervitaminosis.

Kebutuhan vitamin dan asupan gizi masing-masing orang berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, kehamilan, dan penyakit atau pengobatan tertentu. Dengan bijak mengonsumsi suplemen vitamin sesuai anjuran dokter, Anda bisa mendapatkan manfaat terbaik dan hidup lebih sehat.

About the author

Ria Anisah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.