Health

Cek Kesehatan Lewat Warna Lidahmu

Written by Tim Redaksi

Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Selain dikenal sebagai salah satu indera pengecap, lidah juga membantu kita dalam berbicara dan membolak-balikkan makanan dalam mulut.

Begitu penting fungsi organ lidah bagi tubuh, ternyata tidak hanya itu saja lho Girls. Ternyata dari warna lidah kita juga dapat melihat kondisi kesehatan seseorang. Karena normalnya, lidah yang sehat berwarna pink muda. Penting nih buat kamu agar bisa lebih waspada sama kesehatan diri sendiri, biar kalau ada gejala penyakit tertentu menyerang bisa segera tertangani sebelum terlambat.

1. Lidah berwarna putih

Jika lidah kamu berwarna putih, ini bisa jadi tanda bahwa kamu sedang menderita infeksi ragi atau yeast infection. Mending segera deh kamu datang ke dokter, karena bisa saja lidah berwarna putih menunjukkan kamu sedang flu atau terkena masalah pencernaan. Tapi kalau warna putihnya tipis-tipis bisa jadi kamu anemia.

2. Lidah berwarna kuning

Kalau lidah warna kuning, bisa jadi tubuhnya sedang terinfeksi bakteri. Jika sudah kuning kehijauan berarti tingkat infeksi bakterinya sudah lumayan tinggi. Warna kuning pada lidah juga bisa disebabkan karena panas tubuh berlebih, konsumsi rokok, makanan pedas, alkohol atau adanya stress.

3. Lidah berwarna strawberry

Kalau lidahmu berwarna cenderung merah, hal ini bisa menandakan adanya aktivitas panas berlebih pada tubuh. Jika warna merah hanya pada ujung lidah, bisa menandakan panas pada jantung sedangkan jika warna merah berada di ujung kanan atau kiri lidah, bisa jadi hal itu disebabkan adanya masalah di ginjal dan kantung empedu.

4. Lidah berwarna biru

Kalau lidahmu berwarna biru, bisa jadi itu disebabkan kondisi adanya darah yang dingin atau statis, tidak bergerak. Jika warna biru menjurus ke keunguan, berarti kondisi darah sudah cukup parah disebabkan peredaran darah yang nggak lancar. Hal ini bisa menandakan kondisi ginjal, jantung atau paru-paru yang tidak baik.

5. Lidah berwarna ungu

Meski menarik, tapi rupanya ini keadaan ini bahaya bagi kesehatan karena dapat dipastikan adanya aliran darah yang tidak lancar dan tingkat kolesterol dalam tubuh yang cukup tinggi. Nah, jika warna ungu sudah meliputi seluruh bagian lidah, bisa jadi hal itu disebabkan bagian organ dalam tubuh sedang mengalami panas yang cukup tinggi.

Jadi, jika lidah kamu berada dalam cirri warna-warna di atas adalah pilihan bijak jika kamu segera konsultasi ke dokter ya.. Semoga sehat selalu!

About the author

Tim Redaksi

Add Comment

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.