Health Inspiration News

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

 Telinga merupakan bagian indera yang terpenting  dalam kehidupan manusia, tanpa adanya telinga otomatis seseorang tidak akan bisa mendengar dan melakukan aktivitas secara normal. Seperti indera yang lainnya, ternyata Telinga juga penting dijaga kesehatannya dengan mudah lho..

Berikut ini cara menjaga kesehatan Telinga denga mudah

1.Jangan mengorek kotoran telinga menggunakan alat yang tidak wajar. Anda pasti bertanya alat yang seperti apa? Nah, kebayakan orang yang berada di pedesaan belum tahu apa bahayanya jika kita membersihkan telinga dengan memakai Bulu Ayam, Jepitan lidi dan lainnya. Jika kita ke suatu desa cobalah memberikan sedikit informasi kepada mereka mengenai kebersihan yang benar dan baik.

2. Mengunyah makanan dengan baik juga penting, karena tanpa kita sadari setiap gerakan saat mengunyah membantu dalam proses pengeluaran kotoran pada telinga lho..

3. Jangan pernah menggaruk telinga saat terasa gatal cukup husapkan pakai baju, karena takut akan berakibat luka bahkan infeksi. Jika terjadi sepertii itu segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan supaya tidak tuli.

4. Sebelum tidur cobalah diperhatikan baik-baik kebersihan pada bantal anda. Karena anda tidak menyadari bahwa di bantal banyak kuman yang menempel bahkan serangga kecil jangan sampai terjadi hal tidak diinginkan. Contohnya: semut halus, jika masuk ketelinga akan terasa sakit dan sulit dikeluarkan

5.Menggunakan Earphone dan Headphone dengan baik. Jangan lupa ya, kalau anda memakai alat pendengar musik gunakan volume yang secukupnya ya,, jangan terlalu tinggi dan lama itu tidak baik lho. Karena akan menyebabkan gannguan kesehatan pada pendengaran anda.

Demikian cara menjaga telinga yang baik,,,jangan lupa ya kebersihan pada tubuh itu sangat penting lho apa lagi masalah pendengaran..hehe semoga bermanfaat

About the author

Ria Anisah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.