Food

Bukan Klenik, Konsumsi Bunga Bisa Bikin Sehat!

Written by Tim Redaksi

Bunga seperti yang kita kenal memang biasa digunakan sebagai penghias rumah maupun ruangan. Masih sangat jarang ada orang yang mengonsumsi bunga sebagai menu makanan, sebagian orang berpikir, makan bunga masih sering dikaitkan sebagai hal yang mistik atau yang berhubungan dengan klenik. Padahal, mengonsumsi bunga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, lho..

Meski bunga kalah pamor dengan dedaunan lantaran sering kita jadikan lalapan, ternyata pada zaman romawi kuno bunga telah lazim digunakan sebagai bagian dari kultur kuliner mereka. Gak percaya? Inilah beberapa jenis bunga yang bisa kita makan dan bonusnya menyehatkan badan.

1. Bunga turi

Bagi penyuka kudapan pecel, tentu gak asing dengan jenis bunga yang satu ini. Bunga berwarna putih dan merah yang biasa ditemukan di pedesaan di samping sungai atau pematang sawah ini, dijadikan bagian dari pecel sayur di daerah Jawa Timur.  Namun sayang,  jika kamu makan pecel di Jakarta sudah tidak ada lagi tuh bunga turi sebagai maskot pecel karena harganya yang mahal dan susah ditemukan.

Bunga turi kaya akan kandungan kalsium, zat besi, vitamin A dan B, dan menurut studi menyantap kembang turi sangat bagus untuk melancarkan ASI lho.

2. Bunga telang

Kelompok bunga-bungaan yang sering dijadikan bagian dari salad orang Indonesia adalah bunga telang. Bunga ungu asal Ternate, Maluku Utara, ini kerap dijadikan pewarna alami makanan seperti ketan atau nasi (atau yang disebut nasi kerabu). Ketenarannya kini telah menyebar ke Thailand (sebagai bahan minuman) dan Burma (untuk digoreng). Khasiatnya termasuk melancarkan pencernaan dan menstruasi.

3. Kembang sepatu

Bunga kembang sepatu atau hibiscus sarat vitamin C serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, dan kerap dipakai untuk membuat teh herbal. Khasiat baik yang bisa kamu dapatkan adalah antioksidan untuk membantu mencegah penyimpanan kolesterol.

4. Rosemary

Bunga rosemary sering dijadikan garnishing ini sarat vitamin B, A, C, dan sumber yang kaya akan zinc. Bunga ini juga sering digunakan untuk seasoning dalam memasak.

5. Lavender

Tidak hanya berguna sebagai pengusir nyamuk saja, tapi bunga jenis ini bisa dimakan juga. Rasanya manis, edikitcitrus-y –juga. Anda bisa menjadikannya sebagai bahan kue, salad atau custard, dan memiliki khasiat membantu menyembuhkan gejala rosacea, sakit tenggorokan, sakit gigi, kegelisahan, dan masih banyak lagi.

6. Mawar

Banyak orang memaknai mawar sebagai bunga kasih sayang. Tapi ternyata lebih dari itu. Mawar dapat digunakan sebagai campuran salad, dessert atau bahkan dijadikan selai. Manfaatnya termasuk antibacterial, antiseptic, serta membantu mencegah infeksi dan membersihkan darah.

Jadi, gak perlu takut lagi dong kalau mendiang Suzanna suka makan bunga?

About the author

Tim Redaksi

Add Comment

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.