Food Health

Buah dan Sayuran Pencegah Kanker

Written by Tim Redaksi

Banyak orang menganggap penyebab kanker identik dengan usia lanjut dan faktor genetik. Sebenarnya ini keliru, kedua faktor penyebab kanker itu hanya mewakili sebagian kecil dari kasus yang ada. Ada faktor lain yang lebih memengaruhi sekian banyak kasus kanker di dunia, yaitu pola makan. Pola makan yang dimaksud meliputi bagaimana intensitasnya, asupan nutrisinya, serta seberapa banyak zat karsinogen yang masuk ke tubuh lewat makanan. Namun dalam artikel ini, kita akan membahas buah dan sayur apa saja yang justru dapat melawan tumbuhnya sel kanker. Berikut beberapa makanan dari golongan sayur dan buah yang bisa Anda pilih untuk mencegah kanker:

1. Brokoli

Tanaman hijau satu ini mengandung kalori yang sangat rendah, yaitu 34 kalori setiap 100 gram brokoli. Walaupun mengandung kalori yang sangat rendah, brokoli kaya akan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Penderita kanker sering kali mengalami permasalahan dalam pencernaan akibat obat-obatan maupun pengaruh kanker itu sendiri. Mengonsumsi brokoli secara rutin akan membantu menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Teh Hijau ( Green Tea )

Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG), suatu senyawa yang mampu membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal. EGCG ini juga dapat memicu proses pembentukan mitokondria, pembangkit energi sel normal untuk mematikan sel kanker.

3. Blueberry

Blueberry mengandung antioksidan hebat yang bernama resveratrol, buah berwarna biru ini dapat memperlambat pertumbuhan beberapa sel kanker seperti kanker leher rahim dan kanker payudara. Dari hasil penelitian yang dilakukan, kandungan antioksidan dalam buah ini merupakan salah satu yang paling tinggi di antara buah-buahan lainnya. Kalian bisa mengonsumsi blueberry dalam bentuk olahan seperti yogurt, jus, dan lain sebagainya. Tak perlu khawatir, karena kandungan antioksidannya tidak akan berkurang.

4. Alpukat

Kaya akan glutathione, alpukat merupakan buah yang mesti rutin kamu konsumsi. Glutathione merupakan zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh dengan menghalangi proses penyerapan lemak tertentu. Selain itu alpukat juga mengandung potasium yang lebih tinggi dari pisang. Sedangkan asam folat, vitamin C, E, serta antioksidan dalam buah alpukat bisa bantu membunuh sel-sel pra-kanker.

Jadi mulai lah hidup sehat dengan memperbanyak mengkonsumsi buah buahan dan sayuran.

(Fahmi/Mg)

Lihat juga:
Bukan Klenik, Konsumsi Bunga Bisa Bikin Sehat!
Trik Sayuran Agar Tahan Lama
Hindari Sayuran Ini Jika Kamu Ingin Kurus
Benarkah Kentang Adalah Sayuran Tidak Sehat?

About the author

Tim Redaksi

Add Comment

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.