News Tips

Begini Cara Mencuci Pakaian Yang Terendam Banjir

Written by admin

Musim hujan memanglah waktu yang tepat untuk beristirahat, merelaksasikan tubuh dengan secangkir hot chocolate. Namun jika hujan deras turun menerus tanpa henti stentu saja bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tanah longsor, jebolnya tanggul, pohon tumbang, banjir dan lain-lain.

Peristiwa yang sering terjadi akibat dari hujan yang turun terus menerus adalah banjir. Ternyata peristiwa ini sangatlah mengkhawatirkan masyarakat, terutama setelah bencana banjr yang terjadi pada akhir-akhir ini di wilayah sebagian jabodetabek.

Dari adanya bencana banjir tersebut tentu saja terjadi beberapa dampak yang dirasakan oleh masyarakat, yaitu sulitnya air bersih, dapat menimbulkan masalah ekonimi, masalah kesehatan, menyulitkan aktifitas sehari-hari, bahkan bisa sampai menimbulkan korban jiwa.

Pada saat banjir terjadi tentu saja banyak barang-barang dirumah yang rusak akibat terendamnya banjir, beberapa barang ada yang masih bisa diselamatkan dan ada pula yang sudah rusak total. Salah satu barang yang masih bisa diselamatkan yaitu pakaian. Jika menurut kalian pakaian tersebut hanya terendam air atau terkena lumpur dan masih layak untuk digunakan, tenang aja… sheandshe tentu punya tips yang bisa kamu terapkan untuk menyelamatkan baju-baju kesayangan kamu.

Mungkin untuk sebagian dari kalian memang terasa menyulitkan, tapi sebenarnya cara ini mudah kok jika sudah dipraktekan. Jadi begini tipsnya:

  1. Perlahan bilas pakaian-pakaian tersebut dengan air mengalir untuk menyingkirkan lumpur-lumpur akibat terendam
  2. Setelah bebas dari lumpur, sortir pakaian kalian untuk dipisahkan antara yang berwarna putih dengan warna lainnya untuk menghindari resiko kelunturan
  3. Rendam pakaian-pakaian tersebut dengan menggunakan air panas untuk menghilangkan kotoran serta kuman-kuman kurang lebih 10 menit, boleh juga dicampur menggunakan detergent
  4. Setelah cukup direndam maka bilas dengan air normal dan cek kembali apakah masih ada noda yang menempel, jika masih ada cukup hanya dengan menguceknya dengan sabun.
  5. Jika sudah dirasa bersih silahkan cuci pakaian-pakaian tersebut seperti biasa kalian mencuci pakaian sehari-hari, atau jika kalian merasa kewalahan dengan banyaknya  pakaian tersebut bisa juga bawa pakaian tersebut ke tempat laundry terdekat.

Kalau gitu kenapa enggak langsung drop ke tempat laundry aja? Sayangnya tidak semua pihak laundry mau menerima pakaian yang telah terendam banjir, karena mereka tentu saja juga harus mencuci secara manual dulu untuk memastikan pakaian benar-benar bebas dari lumpur supaya mesin tidak rusak akibat bercampurnya dengan kotoran-kotoran tanah dan tentu saja itu membutuhkan waktu yang lebih lama dari proses laundry yang biasa mereka kerjakan.

About the author

admin

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.