Fashion Health Lifestyle News

Bahaya Memakai Kosmetik Palsu dan Ini Akibatnya, Yuk Kita Lihat !

Peringatan bagi perempuan yang suka membeli make up.

Harga murah membuat kosmetik palsu dan ilegal menjadi laku di pasaran. Belum lagi faktor obsesi menjadi cantik.

Untuk para wanita, makeup  merupakan salah satu kebutuhan wajib yang perlu diperhatikan. Bisa dikatakan setiap hari kita menggunakan makeup, entah hanya daily makeup ataupun full makeup. Namun, masih banyak wanita yang belum mengetahui bahaya dari mengaplikasikan makeup. Semakin banyaknya produk kosmetik yang beredar membuat kita harus semakin berhati-hati dalam memilih kosmetik apalagi dengan harga yang sangat murah.

 

Pakar kecantikan, dr Heru Prasetya Gumay menghimbau, masyarakat sebaiknya tidak mudah tergiur dengan banyaknya kosmetik murah yang beredar di pasaran, tanpa memedulikan efek samping yang ditimbulkan.

“Kosmetik murah biasanya mengandung zat-zat berbahaya yang berefek samping tak kalah berbahaya,” tandasnya.

 

dr Heru yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Estetika Indonesia (Perdesti) Jawa Tengah menjelaskan, kosmetik-kosmetik murah dari China kini mulai membanjiri pasaran. Tentunya dengan penawaran harga murah yang menarik minat konsumen, terutama perempuan  muda.

Ia mengakui, kosmetik murah dengan kandungan bahan berbahaya itu bereaksi lebih cepat dibanding kosmetik biasa.

 

Contohnya, krim pemutih yang memutihkan kulit secara lebih cepat ketimbang kosmetik biasanya.

Selain krim pemutih, ada produk kosmetik yang dipalsukan.

Kosmetik palsu ini termasuk dalam kosmetik berbahaya. Produsen kosmetik palsu tidak segan untuk mencampurkan sembarangan bahan pada produk kosmetiknya, banyak di antaranya yang merupakan bahan berbahaya.

Bila memakai makeup berbahaya tersebut, si pengguna akan mengalami alergi parah serta dapat merusak kesehatan dalam jangka panjang.

Bahaya Kosmetik Palsu

Penggunaan skin care dan peralatan make up yang mengandung bahan yang tidak semestinya atau bahan berbahaya tentunya akan memberikan efek samping pada wajah jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut adalah bahaya kosmetik palsu yang wajib Anda waspadai!

 

 

  1. Breakout

Breakout adalah timbulnya jerawat hampir di seluruh wajah akibat penggunaan kosmetik yang salah. Kosmetik berbahaya seperti kosmetik palsu sangat berpotensi menimbulkan breakout. Di sisi lain, beberapa produk kosmetik juga memiliki klaim adanya proses purging pada awal penggunaan kosmetik. Purging adalah proses detoksifikasi wajah yang menimbulkan jerawat pada awal penggunaan skin care.

Sayangnya banyak yang tidak bisa membedakan antara purging dan breakout. Cara membedakan antara kedua kasus ini adalah dengan membandingkan letak munculnya jerawat. Ketika purging, jerawat hanya akan muncul di tempat kulit Anda biasa bermasalah.

  1. Iritasi kulit

Bahaya kosmetik palsu selanjutnya adalah timbulnya iritasi kulit. Iritasi ini juga sering kali diartikan bahwa produk perawatan kulit tersebut sedang bekerja pada kulit kita. Iritasi kulit ditandai dengan kulit yang memerah, rasa gatal, panas, perih, hingga pembengkakan pada wajah.

Produk skin care dan peralatan make up yang aman bisa bekerja pada kulit Anda tanpa memberikan efek seperti yang sudah disebutkan. Jadi jika gejala tersebut muncul, sebaiknya langsung hentikan pemakaian.

  1. Kanker Kulit dan penyakit serius lainnya

Ya, kosmetik berbahaya seperti kosmetik palsu juga bisa menyebabkan kanker kulit. Terdapat berbagai bahan pada skin care dan peralatan make up yang sebenenarnya aman digunakan dengan dosis tertentu. Tapi pada kosmetik palsu, bahan-bahan tersebut bisa dipakai berlebihan sehingga berbahaya bagi kulit.

Penggunaan kosmetik juga umumnya dilakukan dalam waktu yang lama, sehingga semakin banyak kandungan bahan berbahaya tersebut yang menyerap ke kulit. Hal ini lah yang kemudian memicu kanker kulit dan juga kerusakan-kerusakan jaringan tubuh lainnya.

Tujuan dari penggunaan kosmetik adalah untuk mempercantik diri. Tapi bagaimana jika usaha tersebut justru membahayakan Anda? Jadilah pengguna kosmetik yang cerdas agar Anda dapar terhindar dari berbagai bahaya kosmetik.

About the author

Tim Redaksi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.