Health News

Apa Itu Flu? Dan Bagaimana Cara mengatasinya?

Influenza atau yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA (Virus Orthomyxoviridae). Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman.

Biasanya, flu ditularkan melalui udara lewat batuk atau bersin. flu juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan kotoran burung atau ingus, atau melalui kontak dengan permukaan yang telah terkontaminasi. Virus influenza dapat di non-aktifkan oleh sinar matahari, disinfektan, dan deterjen. mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air akan mengurangi risiko infeksi karena virus dapat di netralisir dengan sabun.

Gejala influenza dapat dimulai dengan cepat, satu sampai dua hari setelah infeksi. Biasanya gejala pertama adalah menggigil atau perasaan dingin, tetapi demam juga sering terjadi pada awal infeksi, dengan temperatur tubuh berkisar 38-39 °C .Banyak orang merasa begitu sakit sehingga mereka tidak dapat bangun dari tempati tidur selama beberapa hari, dengan rasa sakit dan nyeri sekujur tubuh, yang terasa lebih berat pada daerah punggung dan kaki.

Gejala influenza dapat meliputi:

  • Demam dan perasaan dingin yang ekstrem (menggigil, gemetar)
  • Batuk
  • Hidung tersumbat
  • Nyeri tubuh, terutama sendi dan tenggorok
  • KelelahanNyeri kepala
  • Iritasi mata, mata berair
  • Mata dan kulit wajah memerah, serta kemerahan pada mulut, tenggorok, dan hidung
  • Pada anak, gejala gastrointestinal seperti diare dan nyeri abdomen (Perut)

Orang yang menderita flu disarankan untuk banyak beristirahat, meminum banyak cairan, menghindari penggunaan alkohol dan rokok, dan apabila diperlukan, mengonsumsi obat seperti asetaminofen (parasetamol) untuk meredakan gejala demam dan nyeri otot yang berhubungan dengan flu.

Anak-anak dan remaja dengan gejala flu (terutama demam) sebaiknya menghindari penggunaan aspirin pada saat infeksi influenza, Karena influenza disebabkan oleh virus, antibiotik tidak memiliki pengaruh terhadap infeksi.

Untuk pengobatan alami bisa digunakan air lemon hangat yag dicampur madu. Juga jahe karena sifatnya yang menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokan. Penderita flu juga disarankan banyak minum cairan terutama air putih hangat. Flu dapat dicegah dengan gaya hidup yang sehat, rajin berolahraga serta banyak mengkonumsi buah dan sayuran bervitamin. Itu dia penjelasan flu, gejala, dan cara mengetasinya.

About the author

Ria Anisah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.