Health Lifestyle News

AC Memang Sejuk, Tapi Ini Dia Efek Sampingnya.

Di era modern seperti sekarang sering kali kita jumpai penyejuk ruangan ini diman-mana. Mulai dari Tempat publik, Kantor, Tempat pendidikan, Masjid, dan Rumah kita sendiri pasti ada AC (Air Coditioner) didalamnya. Selain Lebih menyejukan ketimbang kipas angin yang kebanyak membuat “masuk angin” pada sebagian orang, sedangkan AC hanya membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk tanpa mngeluarkan angin yang kencang dan intens.

Dibalik sejuknya penggunaan AC ada juga loh efek samping yang ditimbulkan. Mulai dari masalah kesehatan hingga kebiasaan. Simak beberapa efek samping dari penggunaan AC yang terlalu lama berikut ini ya!

  1. Dehidrasi

Kamu pasti tidak akan sadar saat sedang berada diruangan ber AC. Karena suhu yang rendah dan sejuk kamu merasa tidak membutuhkan air sebanyak saat dicuaca panas. Kondisi itulah yang menyebabkan tubuhnmu diam-diam mengalami dehidrasi.

2. Sakit Kepala

Kondisi ini terjadi akibat sirkulasi udara yang buruk, Dan kualitas udara yang juga menurun. Ditambah dengan dehidrasi dan duduk dalam waktu yang cukup lama akan membuat kepalamu menjadi sakit.

3. Gangguan Pernapasan

Jika kamu menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC, umumnya mata, hidung dan tenggorokan terasa tidak enak. Itu memang dikarenakan udara AC dapat menyumbat sistem pernapasan kita, membuat tenggorokan terasa kering serta menderita rinitis, yaitu kondisi peradangan hidung yang disebabkan oleh virus.

4. Malas

Ketika suhu udara yang rendah dan sejuk akan membuat pikiran tenang dan tubuh menjadi rileks. Tapi siapa sangka jika kenyamanan inilah yang memicu kemalasan bergerak dan beraktifitas diruangan ber AC loh.

5. Kulit Kering

Kalau yang ini sih sudah tidak bisa dibantah lagi, terlalu lama berada diruangan ber AC akan menghilangkan kelembaban kulit juga bibir secara perlahan. Jadi selalu gunakan lotion dan lip balm secara rutin ya.

6. Penularan penyakit

Udara yang dikeluarkan AC berasal dari udara dalam ruangan tersebut juga. Tidak adanya sirkulasi udara membuat udara, virus, serta mikroba lainnya terus berputar dalam ruangan, apalagi jika AC kotor dan jarang dibersihkan, duh ngeri juga ya.

7. Mata Kering

Kalau kamu bekerja kantoran, maka seringkali matamu terasa pedih dan kering. Bisa jadi  bukan hanya karena kamu sering memandang laptop atau komputer, melainkan karena AC yang kamu gunakan. Udara yang dikeluarkan AC memang tidak langsung mengenai matamu, tetapi dengan efek kelembapan yang diserapnya, sudah pasti matamu akan terasa kering.

Oleh karena itu, panas matahari juga penting. Ada kalanya kamu merasa tidak nyaman terkena panas matahari setelah berjam-jam di ruangan ber-AC kan? Perubahan suhu yang drastis kurang bagus untuk tubuh. jadi Gunakan AC seperlunya saja dan batasi lama pemakaiannya kalau kamu mau terus sehat!

About the author

Ria Anisah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.