Lifestyle News Tips

10 Tips Merawat Acne Prone Skin

Written by Ria Anisah

Acne prone skin adalah Jenis kulit yang rentan mengalami jerawat, bahkan di usia dewasa sekalipun. Biasanya dialami oleh mereka yang memiliki jenis kulit berminyak. Siapa diantara kalian memiliki jenis kulit acne prone? Jenis kulit ini terbilang cukup menyebalkan, terutama jika kalian termasuk wanita yang aktif dan suka beraktifitas diluar ruangan. Kulit yang cenderung berminyak dan mudah berjerawat ini sebenarnya cukup mudah diatasi kok, simak tips-tips nya dibawah ini!

  1. Facial Wash

Yap, facial wash atau kegiatan cuci wajah ini harus dilakukan, tapi bukan berarti kalian mencuci wajah terlalu sering. Faktanya, mencuci wajah terlalu sering akan menghilangkan minyak alami dan kelembabannya. Alhasil kulit akan memproduksi minyak jauh lebih banyak. Lakukan Cuci muka 2x sehari pagi dan malam dengan pembersih wajah khusus kulit berminyak dan lembut dikulit.

2. Toner

Setelah cuci muka lanjutkan dengan pemakaian toner. Pemakaian toner mungkin masih dianggap kurang penting bagi sebagian wanita, cairan ini memiliki berbagai fungsi diantaranya membersihkan sisa susu pembersih, meyegarkan wajah, meringkas pori-pori dan berbagai manfaat lainnya sesuai claim produk.

3. Moisterizer

Siapa bilang kulit berminyak tidak butuh pelembab!? Pelembab berfungsi menjaga keseimbangan kadar air dan minyak di wajah. Pilih moisterizer berbahan dasar air yang tidak menyumbat pori-pori wajahmu.

4. Sunscreen

Pemakaian sunscreen tidak boleh dilewatkan, tetapi banyak yang melewatkan step yang satu ini. Sunscreen berfungsi melindungi wajah dari jahatnya sengatan matahari, pilih sunscreen diatas spf 30 untuk kamu yang beraktifitas diluar ruangan. Jangan lupa reapply tiap 3 jam sekali ya.

5. Cleansing

Setelah beraktifitas seharian, jangan lupa bersihkan wajahmu dari sisa make-up dan kotoran dengan pembersih oil base, eits jangan takut wajahmu tambah berminyak. Justru penggunaan cleansing oil sangat baik mengangkat kotoran dengan lebih sempurna, kemudian lanjutkan dengan micelar water dan facial wash.

6. Nigh Treatment

Saat kamu tidur adalah saat terbaik bagi kulitmu menyerap segala nutisi penting, jangan lupa aplikasikan moisterizer, serum, dan eye cream. Rasakan kulitmu jadi lebih lembut dan segar di pagi hari.

7. Makanan

Jangan sepelekan hal yang satu ini lho! “You are what you eat” kau adalah apa yang kau makan, pepatah ini memang gk bisa dibantah. Jika kalian makan makanan berminyak, alhasil wajah kalian juga akan berminyak. Makanan manis juga memicu produksi minyak berlebih lho. Perbanyak buah dan sayur agar kulit lebih sehat dan cerah. So, perhatikan asupan makanan mu ya. Lihat juga : https://sheandshe.co.id/hindari-jenis-panganan-ini-jika-tak-ingin-wajah-berjerawat/

8. Make-up

Kebanyakan pemilik wajah acne prone enggan memakai make-up karena khawatir akan timbul jerawat. Padahal jerawat timbul dari pori-pori yang tersumbat. Pastikan kamu memakai face make-up yang ringan dan non-comedogenic, serta membersihkan make-up dengan maksimal. Gak takut lagi deh pakai make-up.

9. Stress

Stress yang berlebihan dan tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan ketidakstabilan hormon dalam tubuh, akibatnya produksi minyak diwajah akan bertambah. Lakukan kegiatan menyenangkan dan meditasi untuk meminimalisir tingkat stress mu.

10. Olahraga

Kegiatan Olahraga  mampu meningkatkan hormon endorfin yang memicu rasa bahagia, yang juga bisa mengurangi stress. Serta saat kamu berolahraga kulitmu akan berekresi dengan mengeluarkan keringat lewat pori-pori dan menjadikan kulitmu lebih sehat dan glowing.

Itu dia 10 tips merawat kulit wajah yang mudah berjerawat atau acne prone, cukup mudah diikuti bukan. Asalkan dilakukan dengan benar dan teratur, jerawat gk akan hinggap lagi di wajahmu.

Lihat juga:
Aha! Inilah Tips Agar Kamu Tampak Kurus Saat Difoto
Jangan Takut, Ini Tips Aman Naik Transportasi Online
Tips Tampil Kece Meski Sibuk Seharian
Ingin Tetap Diet Di Bulan Ramadhan? Gunakan Tips Ini!

About the author

Ria Anisah

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.