Health News

10 Akibat Jika Kamu Jarang Minum Air Putih

Written by Tim Redaksi

Beberapa hari belakangan cuaca memang sedang terik-teriknya, walaupun terkadang diselingi hujan tapi tidak menurunkan tingkat kelembabannya. Makanya konsumsi air putih yang cukup sangat penting untuk tubuh kamu agar tetap terhidrasi. Pasti tidak mau kan kerugian-kerugian ini akan membayangi kesehatan juga kecantikan kamu nantinya, apa saja sih kerugian jika jarang minum air putih?

1. Penuaan dini

Minum air putih teratur ternyata bikin kamu awet muda lho. Ketika usiamu bertambah, jumlah air yang mesti kamu konsumsi juga harus bertambah. Kalau tidak, resiko penuaan dini pun semakin tinggi. Ini terjadi karena resistensi dan fungsi enzim gak bisa bekerja dengan baik sebagaimana mesitnya. Buruk-buruknya adalah kulitmu jadi kasar dan kering. Untuk menjaga kolagen dan menjaga kulit dari keriput, makanya sel-sel kulit membutuhkan cukup air.

2. Muncul jerawat

Selain mencegah penuaan dini, minum air putih teratur juga bisa menghindarkanmu dari munculnya potensi jerawat membandel.

3. Mudah lelah

Iya, karena metabolisme tubuh dan cairan di dalam tubuh akan berkurang drastis ketika kita kurang minum. Anak muda perlu banget perhatiin masalah sepele ini. Supaya hidup kita selalu fresh. Jangan jiwa doang yang muda, tapi soal tubuh malah gampang capek dan lelah.

4. Mudah lupa

Buat kamu yang sering lupa, mungkin kamu sering melewatkan minum air putih deh. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan oksigen yang mengalir ke otak. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak berkembang bahkan tidak aktif hingga menciut dan akhirnya seseorang menjadi lemot, tidak konsentrasi dan gampang lupa.

5. Membuat lapisan dinding perut jadi rusak

Ngeri gak sih? iya maksudnya mengikis lapisan dinding adalah mules atau sembelit. Tapi kalau kita rajin menjaga asupan air putih dalam saluran pencernaan maka akan tetap terjaga tuh ketebalan lapisan dinding perut, jadi terhindar deh dari kerusakan parah.

6. Sakit sendi

Sendimu yang sakit bisa banget karena kurangnya asupan air. Sebab, air pada tulang rawan persendian memiliki kadar kurang lebih 80%. Dan ketika kamu kurang minum air putih, maka pelumasan sendimu juga menyusut hingga kemungkinan terjadi gesekan makin besar dan ujungnya adalah radang sendi.

7. Hipertensi

Minimnya asupan air yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang gampang diserang darah tinggi. Sebab ilmiahnya, beberapa pembuluh kapilernya tertutup. Jantung yang terus memompa darah, membuat pergerakan darah jadi terbatas, dan pada akhirnya tekanan darah meninggi.

8. Sakit ginjal

Dengan kita menjaga asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh, ancaman masalah pada ginjal pun bisa berkurang. Ginjal adalah salah satu organ yang vital dalam tubuh. Bahkan para pakar tak ragu menyebutnya sangat penting untuk menjaga kesehatan. Supaya ginjal kita terjaga dengan baik kesehatannya, jangan ragu buat teratur minum air putih.

9. Sakit saat buang air kecil

Kurang minum air putih adalah salah satu penyebab kandung kemih seseorang terinfeksi. Mending kita cari aman aja. Ketika kandung kemih terinfeksi, buang air kecil akan terasa sakit dan panggilan untuk buang air kecil pun semakin tinggi.

10. Mudah gemuk

Pasti kamu gak mau kan jadi gemuk hanya karena kurang minum? Karena tubuh kita 60 persennya terdiri dari cairan. Makanya gak heran tubuh kita butuh banget yang namanya air setiap harinya dan metabolisme tubuh bisa lebih bekerja dengan baik dan berat badan bisa mengalami penurunan.

Semoga dengan paparan efek negatif dan bahaya kurang minum air putih di atas, kamu makin sadar dengan pentingnya teratur minum air putih setiap hari.

About the author

Tim Redaksi

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.